PS Vita Berhasil Dibobol Hacker!

 
Berita yang satu ini mungkin akan membuat Sony menangis dan gamer di negara-negara berkembang tersenyum lega. Handheld terbaru Sony – PS Vita memang baru dirilis dan belum genap berumur sebulan. Ketika Sony baru hendak menikmati hasil jerih payah penelitian dan pengembangan selama beberapa tahun terakhir ini, mereka sudah harus menghadapi salah satu mimpi buruk terbesar mereka. Benar sekali, para hacker sudah melancarkan aksinya. Percaya atau tidak, PS Vita yang baru berumur dua hari ini telah berhasil dibobol oleh hacker!
Seorang hacker yang menamakan dirinya teck4, berhasil menemukan sebuah exploit pada sistem save game di PS Vita yang serupa dengan PSP generasi sebelumnya. Melalui celah ini (walaupun tidak dijelaskan secara teknis), teck4 berhasil menyuntikkan sebuah program sederhana, “Hello World”. Hello World memang sering digunakan para hacker untuk membuktikan sebuah exploit. Potensi seperti apa yang mungkin lahir dari pembobolan ini? Jika PS Vita dapat dipaksa untuk menjalankan sebuah program yang seharusnya tidak bisa dijalankan, maka hanya tinggal tunggu waktu saja hingga para hacker mampu mengadapatasikan perangkat lunak lain ke dalamnya. Misalnya? Custom firmware.
Sony sendiri belum memberikan komentar resmi perihal hal yang cukup mengejutkan ini. Apakah PS Vita akan memainkan game dalam waktu dekat? Satu yang pasti, Sony akan mati-matian berjuang untuk menutup celah keamanan yang satu ini. Untuk sekali lagi, kita akan dihadapkan para perang klasik masif, hacker VS produsen. Masing-masing tentu hadir dengan agendanya sendiri. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda termasuk gamer yang senang atau justru kecewa dengan pembobolan ini?


1 komentar: